Harsoyo dan Pemimpin Etis

Bagikan:

Alasan pengunduran diri itu tidak akan keluar dari lisan orang-orang yang syahwat kekuasaannya sangat kuat. Maknanya, itu berarti Harsoyo memahami betul bahwa jabatan Rektor merupakan amanah berat yang sedang dipikulnya

Opini, pemimpin, pendidikan, yogyakarta, UII, Universitas Islam Indonesia, Harsoyo, rektor, mapala

Dunia pendidikan tinggi di tanah air kembali tercoreng. Universitas yang seharusnya menjadi benteng terakhir moral bangsa 'roboh' karena kelalaian segelintir sivitas akademikanya. Kematian ketiga mahasiswa UII yang diduga kuat akibat tindak kekerasan yang dilakukan panitia diksar Mapala UII di Gunung Lawu itu diakui secara kesatria oleh Rektor. Karena kekerasan mengiringi kegiatan diksar, Rektor pun mempersilakan kepolisian menginvestigasi lebih lanjut.

Peristiwa tragis itu tentu saja sangat memukul pucuk pimpinan UII, terutama Rektor Harsoyo. Langkah sigap pun diambil Harsoyo untuk menuntaskan kasus kekerasan yang membelit, dan mencemarkan nama baik institusinya. Tanpa tedheng aling-aling pernyataan pers menyebutkan pengungkapan insiden tersebut terus dilakukan bersama pihak berwajib, demi kelancaran penyidikan tragedi Gunung Lawu.

Perasaan empati dan aksi simpatik pun dicurahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga korban, untuk meringankan beban psikis dan material mereka. Klimaksnya, Harsoyo dengan penuh kesadaran menyatakan pengunduran diri sebagai Rektor UII periode 2014-2018. Langkah itu diambil sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas insiden memilukan itu.

Di sisi lain ada hal yang menarik dan tidak jamak dilakukan umumnya petinggi di negeri ini, yakni Harsoyo mempertegas alasan pengunduran dirinya lantaran merasa gagal memimpin. Beratnya pertanggungjawaban dunia-akhirat, dan beliau meminta maaf kepada seluruh bangsa Indonesia karena telah mencemarkan dunia pendidikan yang semestinya lekat denga keluhuran akal (intelektual) dan budi pekerti insan kampus.

Alasan pengunduran diri itu tidak akan keluar dari lisan orang-orang yang syahwat kekuasaannya sangat kuat. Maknanya, itu berarti Harsoyo memahami betul bahwa jabatan Rektor merupakan amanah berat yang sedang dipikulnya, dan melepaskannya kembali pada saat yang tepat dan dibutuhkan. Bukan 'aib' yang bisa meruntuhkan marwah seorang pejabat, tetapi justru mencerminkan kuatnya karakter pemimpin.

Batemen dan Snell (2008) mengidentifikasi pemimpin seperti Harsoyo dengan sebutan pemimpin etis, yakni pemimpin berintegritas yang mempengaruhi bawahannya untuk bertindak etis. Hosmer (2003) dalam karyanya The Etic of Management memandang bahwa pemimpin etis selalu berupaya mengambil keputusan etis. Sementara filsuf John Rawis menyatakan bahwa hanya seseorang yang tidak peduli dengan 'identitas'-nya yang dapat benar-benar dapat mengambil keputusan yang sepenuhnya etis.

Keteladanan yang menyentak sanubari siapa saja yang 'menyembul' aroma rebutan kekuasaan pada setiap periode pemilihan Rektor (pilrek). Bahkan Ombudsman (2016) menengarai adanya praktik jual beli suara pada pilrek di PTN. Dan pilrek itu layaknya pertarungan politik.

Oleh: Imron Rosyadi, Dosen FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Kandidat Doktor Ekonomi Islam UIN Suka Yogyakarta.




KOMENTAR

Name

artis cara film Finansial game Gaya Hidup Info keluarga kesehatan kuliner Liburan Life Style musik olahraga Opini parenting Pendidikan Properti Rupa-Rupa Teknologi
false
ltr
item
PORTAL POSITIF: Harsoyo dan Pemimpin Etis
Harsoyo dan Pemimpin Etis
Alasan pengunduran diri itu tidak akan keluar dari lisan orang-orang yang syahwat kekuasaannya sangat kuat. Maknanya, itu berarti Harsoyo memahami betul bahwa jabatan Rektor merupakan amanah berat yang sedang dipikulnya
https://3.bp.blogspot.com/-HnufzolJRPM/WI60qLQJ5JI/AAAAAAAAAHU/dwa7hqBl6g0okiJU8KWijUT6Gg_1XtZfgCLcB/s640/UII.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-HnufzolJRPM/WI60qLQJ5JI/AAAAAAAAAHU/dwa7hqBl6g0okiJU8KWijUT6Gg_1XtZfgCLcB/s72-c/UII.jpg
PORTAL POSITIF
http://www.portalpositif.com/2017/01/harsoyo-dan-pemimpin-etis.html
http://www.portalpositif.com/
http://www.portalpositif.com/
http://www.portalpositif.com/2017/01/harsoyo-dan-pemimpin-etis.html
true
7224742545207056145
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy