Antara Pak Habibie, Batik, dan Lurik

Bagikan:

"Menurut Habibie yang memelihara kumis setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden, batik tidak lagi dikenakannya karena pemakainya sudah banyak sekali. Batik makin populer terutama sejak resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2009.

portal, positif, salim a fillah, lurik, diy, kota jogja, pilkada, batik, habibie

LURIK, Lurus dan Becik


Setelah batik, kini saatnya kita masyhurkan lurik hingga seluruh dunia melirik. Calon Walikota Yogyakarta no urut 2, Haryadi Suyuti yang memilih lurik sebagai kostum resmi mereka mengatakan, "Lurik mengajarkan kita untuk lurus dan becik."

Haryadi Suyuti,
Calon Walikota Yogyakarta no urut 2

Berikut kita kutip liputan Mas Wisnu Nugroho tentang Eyang Habibie yang kini menjadi dressman lurik. "Menurut Habibie yang memelihara kumis setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden, batik tidak lagi dikenakannya karena pemakainya sudah banyak sekali. Batik makin populer terutama sejak resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2009.

Pengakuan ini kemudian dijadikan pijakan untuk menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional menjadi momentum kebangkitan kembali batik dan tentunya ekonomi rakyat yang mengusahakannya.

Di Festival Habibie yang dihadiri banyak anak muda dan Habibie menyebut dirinya Eyang, Habibie menjelaskan lurik hijau tua yang dia kenakan dan lurik-lurik lain yang akan terus dikenakannya. Habibie mengaku rela menjadi dressman untuk lurik yang bisa punah karena tidak lagi dikenakan untuk pakaian sehari-hari.

Keinginan membela kain lurik agar tetap lestari dan berkembang didasarkan pada pengalaman Habibie saat pergi ke Yogyakarta dan mencari lurik. Pedagang yang ditanya Habibie menjawab tidak lagi menjual lurik karena pengusahanya sudah bangkrut. Pemakai lurik tidak banyak lagi dan kalau pun ada umumnya orang-orang tua.

Gambar kartun lurik, hasil karya anak muda Jogja


Setelah berupaya mencari lurik dengan minta bantuan orang lain dan mendapatkannya, Habibie tidak memakai batik, tetapi bertekad memakai lurik di acara-acara resmi.

Menurut Habibie, jika lurik makin banyak dipakai, sistem budaya dan ekonomi yang menopang lurik, terutama di desa-desa yang jauh, akan hidup dan berkembang. Habibie tidak ingin produk budaya Indonesia yang dicintainya seperti lurik punah, tetapi berkembang dan lestari. Untuk keinginan menghidupi budaya Indonesia ini, Habibie konsisten melakoni.

Masih banyak dan beragam produk budaya di negeri yang kita cintai ini. Mari kita rawat dan mencintai dengan memberinya tempat di kehidupan kita sehari-hari. Habibie dengan luriknya telah memberi contoh soal ini."

(Sumber: instagram/salimafillah)

KOMENTAR

Name

artis cara film Finansial game Gaya Hidup Info keluarga kesehatan kuliner Liburan Life Style musik olahraga Opini parenting Pendidikan Properti Rupa-Rupa Teknologi
false
ltr
item
PORTAL POSITIF: Antara Pak Habibie, Batik, dan Lurik
Antara Pak Habibie, Batik, dan Lurik
"Menurut Habibie yang memelihara kumis setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden, batik tidak lagi dikenakannya karena pemakainya sudah banyak sekali. Batik makin populer terutama sejak resmi dimasukkan dalam 76 warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2009.
https://4.bp.blogspot.com/-AxthCbPieHo/WJ6pwMU27JI/AAAAAAAAAVU/g7hlztVbHI8eje2Kn42_xsKnWwxCKoDbwCLcB/s320/Salim%2BA%2BFillah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-AxthCbPieHo/WJ6pwMU27JI/AAAAAAAAAVU/g7hlztVbHI8eje2Kn42_xsKnWwxCKoDbwCLcB/s72-c/Salim%2BA%2BFillah.jpg
PORTAL POSITIF
http://www.portalpositif.com/2017/02/antara-pak-habibie-batik-dan-lurik.html
http://www.portalpositif.com/
http://www.portalpositif.com/
http://www.portalpositif.com/2017/02/antara-pak-habibie-batik-dan-lurik.html
true
7224742545207056145
UTF-8
Artikel tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selanjutnya... Balas Batalkan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Semua BACA JUGA LABEL ARSIP SEARCH SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel sesuai permintaan anda Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus Sepember Oktober November Desember sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hari yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy